Kamis, 16 April 2009

Perencanaan pengajaran berarti pemikiran tentang penetrapan prinsip- prinsip umum mengajar didalam pelaksanaan tugas mengajar dalam suatu interaksi pengajaran tertentu yang khusus baik yang berlangsung di dalam kelas ataupun diluar kelas. Dalam pengajaran terdapat kesenjangan. Hal ini merupakan cirri khusus suatu pengajaran. Pengajaran terjadi setelah usaha tertentu dibuat untuk mengubah sesuatu keadaan semula menjadi sesuatu yang diharapkan.

Perencanaan pengajaran mempunyai beberapa faktor yang mendukung tujuan pembelajaran tercapai misal :

a. Persiapan sebelum mengajar

b. Situasi ruangan dan letak sekolah dari jangkauan kendaraan umum

c. Tingkat intelegensi siswa

d. Materi pelajaran yang akan disampaikan

Tujuan pembelajaran terbagi atas 2 bagian :

a. Tujuan pembelajaran umum : Tujuan umum ini diturunkan dari 3 sumber, masyarakat, siswa, dan bidang studi. Yang diturunkan dari masyarakat mencakup kosep luas seperti ”membentuk manusia pancasila”, ”manusia berkepribadian”, dan sebagainya. Yang diturunkan dari siswa adalah keterampilan dalam memecahkan masalah, memanagemen waktu secara baik, dan sebagainya. Yang diturunkan dari bidang studi adalah membuat siswa mengerti apa yang diajarkan oleh bidang studi tersebut.

b. Tujuan pembelajaran khusus : tujuan khusus ini lebih spesifik, contohnya dalamsains ”sadar akan keindahan dan keteraturan dalam lingkungan.

Perencanaan pengajaran mempunyai kegiatan pokok antara lain adalah :

a. Menentukan hasil belajar yng bisa diamati dan diukur

b. Mengenal ciri siswa yang akan belajar

c. Memilih dan menyelenggarakan kegiatan

d. Memilih dan mnentukan media

e. Memantau prilaku siswa

f. Menentukan metode yang tepat untuk menilai kemampuan siswa

Memilih Media Yang Sesuai

Memilih metode dalam kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan dapat memberikan suasana yang berbeda didalam kegiatan pembelajaran sehingga tidak membuat siswa menjadi cepat bosan.

Ada Beberapa Jenis Media Pengajaran Yang Dilakukan Seorang Guru :

1. Media gratis

2. Media tiga dimensi

3. Media proyeksi

4. Lingkungan

Manfaat media pendidikan bagi pengajaran :

1. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.

2. Metode mengajar akan lebih bervariasi

3. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar

4. Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan

5. Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa

Kesulitan- Kesulitan Dalam Media Pengajaran :

1. Biaya pengadaan

2. Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media pengajaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar